Jajanan jaman SD

Minggu ini sebenernya lagi sibuk-sibuknya belajar buat UAS, tapi nggak ngerti deh kenapa nggak ada yang kecantol materi satupun. Alhasil, malah ujungnya nge-posting di blog gara-gara sepintas keingetan kejadian beberapa minggu yang lalu. Jadi begini ceritanya....
Waktu itu tepatnya kapan juga udah lupa, biasalah kalo connect-in internet pasti yang pertama dibuka email, twitter, facebook dan itu pasti (dasar ya anak jaman sekarang :p). Terus nih tibanya buka facebook, eh ada temen SMA yang nge-share foto isinya jajanan jaman dulu, ah otakku rasanya langsung melayang inget nostalgia dulu jaman SD khususnya yang banyak jajanan. Coba sekarang aku bahas satu-satu ya jajanan apa yang pernah aku makan pas SD
1. Krip-krip
Ini dia salah satu jajanan kesukaanku, namanya krip-krip, isinya mie kecil-kecil gitu, bumbunya banyak, harganya murah banget lagi (lupa juga sih berapa yang penting masih tergolong murah meriah lah).
2. Anakmas
Siapa sih yang nggak kenal anakmas, jajanan paling tenar jaman dulu, yang nggak tau anakmas diyakini tu anak pasti hobinya bawa bekal dari mamanya deh. Anakmas ini nggak beda jauh tuh sama mie kremezz, sama-sama diremezz, sama-sama dibumbuin juga. Bangga jadi anak jaman dulu yang bisa jajan anakmas, kalo jaman sekarang anakmas=indomie ah syedih. Apa ada yang tau jual anakmas dimana? tiba-tiba jadi pengen.
3. Permen Karet Yosan
Nah, dideretan ketiga ada permen karet yosan. Permen karet ini seingetku dulu ada undiannya juga lho, ditiap bungkusnya ada huruf-hurufnya gitu Y-O-S-A-N. Terus kalo kita bisa ngumpulin huruf dan membentuk kata YOSAN kayaknya ada undiannya nanti, tapi berasa aneh gitu dulu aku ngumpulin nggak pernah kekumpul tuh hurufnya. Sampe-sampe kalo jajan yosan pasti tuker-tukeran sama temen bungkusnya biar bisa ngumpulin hurufnya (ah capek deh).
4. Milk Chocolate
Lanjut, milk chocolate adalah salah satu jajanan jaman dulu yang bentuknya coklat batangan nih. Yah, bisa dibilang silverqueennya jaman dulu hehehe. Udah enak, murah lagi hemm :9
5. Coklat Choyo-choyo Yosan
Eh, hampir kelewatan. Yosan juga nggak cuma ngeluarin permen karet yang ada undiannya aja lho, tapi ngeluarin  produk coklat juga nih namanya coklat choyo-choyo hahaha. Jadi inget dulu coklat ini juga jadi favoritku waktu SD. Kalo mau makan coklat ini harus disendokin juga hehehe ada warna pink, kuning, ijo, putih, waaaaaaah banyak variannya tapi rasa-rasanya kok ya sama aja rasanya :p
6. Kenji

Hayoo, siapa yang inget chiki yang satu ini, namanya Kenji. Beda tipis sama taro kalo di jaman sekarang, bentuk chikinya sama-sama kotak gitu bolong-bolong bentuk ring. Seingetku juga nih, nggak cuma rasa ayam aja yang bungkusnya warna ijo, tapi ada yang warna biru juga kan ya. Ada hadiah langsungnya lagi, tapi lupa hadiahnya apaan. Oiya ngomong-ngomong chiki yang suka ngeluarin hadiah langsung, dulu ada kan chiki yang hadiah langsungnya berupa penghapus yang bentuknya kotak atasnya hijau bawahnya putih kadanga ada gambarnya gitu, misal: apel, gambarnya ya apel sama ada tulisannya, tapi sayangnya kalo dibuat hapus kertasnya jadi item :( lupa nama chikinya apa ya???
7. Chiki gule ayam
Ini juga nih chiki yang termasuk enak rasanya, rasa gule ayam hemmm :9 bentuknya lupa kayaknya sih bulet-bulet agak lonjong gitu deh. ahhhh jadi ngilerr kepengen chiki ini
8. Magic Pops
Jajanan ini kayaknya sih terakhir aku makan waktu SMA masih ada deh, temen SMA ku ada yang pernah bawa kesekolah Magic Pops ini, tapi kalo aku sih bilangnya permen pletok-pletok. Kalo dimakan sensasinya wuiiiihhhhh bikin deg-deg-an, tipsnya kalo makan ini jangan banyak-banyak mesti dikit-dikit, kalo kemakan banyak sakit lidahnya berasa ada bom atom masuk mulut.
9. Permen payung
Ada lagi macam permen coklat yang berbentuk payung. Payungnya sih warna-warni tapi isinya coklat doang nggak ada varian warna coklatnya.
10. Permen kelinci
Permen ini jadi salah satu permen favoritku juga nih. Kalo aku bilang permen kelinci yang plastiknya bisa dimakan hehehe. Soalnya permen ini ada gambarnya kelinci, terus plastik bagian dalemnya juga bisa dimakan lho, magic banget. Jadi pengen cerita nih bentar, dulu waktu SD aku kan sempet les renang, nah kebetulan permen kelinci ini dijual juga ditempat aku renang itu, habisnya dulu permen ini setauku nggak dijual diwarung, adanya di swalayan. Jadi aku langganan deh tiap les renang beli permen kelinci ini, motivasinya les cuma buat jajan permen ini sebenernya hehehe. Dulu ada juga lho temenku yang nggak suka sama bungkus plastik dalemnya yang bisa dimakan itu, padahal kan enak (payah ya). Terus tiba-tiba ada rumor waktu itu kalo permen kelinci ini mengandung bahan apa gitu sampe-sampe aku nggak boleh jajan permen ini lagi sama mama. Rumor itu emang menyesatkan, permen enak gini diisuin jelek, aku kan jadi nggak bisa makan lagi sampe sekarang deh nggak pernah makannya.
11. Chiki
Jajanan ini emang paling awet dari dulu sampe sekarang masih bisa ditemuin dimana-mana, cuma bedanya ada metamorfosis dari packagingnya. Kalo yang dulu masih begini:

Dulu juga chiki ini berhadiah lho, mainan kaya gini:

nggak cuma seri looney tones aja, tapi ada seri pokemon juga lho hadiahnya. Dulu kalo sama temen-temen pasti suka banyak-banyakan terus mainannya teplok tangan gitu, kalo yang kebalik kalah hahaha bisa aja mainannya.
12. Tini Wini Biti
Selanjutnya, makanan ini juga paling tenar jaman dulu gara-gara ada iklan di TV liriknya begini: "tini wini biti imut enak bergizi" masih pada inget kan iklannya? iklan tini wini biti emang paling melekat dipikiranku, apalagi bentuk jajannya yang bentuknya hewan gitu, ada gajah, bebek, kupu-kupu, dan kawan-kawannya.
13. Gulali
Nggak cuma snack instan aja jaman dulu, ada juga makanan yang dibuat langsung sama abang penjualnya, kayak jajanan gulali ini. Dulu waktu aku SD suka banget nih beli gulali ini, abang yang jual juga ada lotrenya, jadi sistemnya beli lotre dulu terus kalo nggak dapet hadiah ya dapetnya gulali (ah permainan menyesatkan nih, jangan ditiru ya). Seseringnya aku suka jajan gulali ini mamaku sampe bilang, "Fit, jangan beli gulali lagi, liat tuh abangnya bikin langsung pake tangan, kalo abangnya pipis terus keburu-buru nggak cuci tangan langsung bikin gulali lagi kan jorok". Semenjak itu aku nggak pernah beli gulali lagi gara-gara kebayang tangan di abang gulali hiiiiiiiiiiiiiiiiiiih
14. Es Hawa
Ini dia Magnumnya jaman dulu hehehe. Es Hawa ini juga pernah dijual didepan SDku dulu. terakhir aku makan es ini baru sekitar sebulan yang lalu sama nitya, dian, hana (temen kuliah). Waktu itu kita masih dijalan mau pergi kemana juga lupa, terus lewat aja tuh es hawa didepan kita eeeeehh langsung berenti buat makan sebentar es ini. ah enak deh pokoknya.

Itu dia ke 14 makanan yang enak menurutku di jaman dulu waktu masih duduk di bangku SD. Sebenernya masih buanyaaaaaaaakkk buanget makanan yang bikin kita keinget sama jaman-jaman SD ada permen kaki (masih ada sampe sekarang), permen kacamata (bentuknya bulet kayak chacha, bungkusnya kacamata  dan masih dijual juga sampe sekarang), permen karet gepeng yosan (rasa strawberry, melon, jeruk), dan banyak lagi deh lainnya. i'll see you in the next post!

Komentar

  1. jyahh krip-krip.. bikin keinget jaman SD..
    Selain itu semua dlu aku jg suka coklat superman, sekarang masih ada cm kemasannya yg beda.

    BalasHapus
  2. Yg mau nyari jajanan di atas dateng aja ke UNICK BIP lt.3 info 08977755597-08212003639-7578a111

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evolusi desain sepatu nike

Falikha a.k.a Nacha

Honda